Skip to content.

May 8, 2012 | Paris

Visa Schengen ke Prancis

Tadi pagi saya mengurus visa Schengen untuk ke Prancis.

Rupanya sekarang, untuk mengurus visa Schengen untuk ke Prancis ini ada 2 options. Pertama langsung ke Kedutaan Prancis, kedua isi formulir utk jadwal wawancara di agen yang telah resmi ditunjuk oleh kedubes Prancis, yaitu TLS COntact. Isi formulir di webnya, lalu kita akan dikasih pilihan tanggal untuk bertemu.

Di TLS sebenarnya mudah hanya mbak2 dan mas2 yg ada di loketnya sedikit. Sementara yang datang kesitu ada yg dari travel agent (dgn tumpukan formulir) dan ada yang seperti saya dan suami tadi, yang individual urus sendiri.

Harusnya mereka pisahkan, line khusus travel agent dan line khusus individual.

Anyway, disitu kita hanya bertemu dengan karyawan TLS. Ga perlu ketemu orang kedutaannya, ga kayak AMerika tentunya. Ooohh i really wish di kedubes Amrik bisa ada agen kayak gini juga someday supaya ga ribet.

Saya akan berangkat tgl 15 Mei dini hari, alias Senin malam berarti dah brangkat. Mepet sih visa ini, tapi kata mbaknya, kalau semua formulir lengkap biasanya 3 hari juga sudah selesai. Dan td kata mbaknya, formulir saya sudah lengkap.

Tahun lalu saya ke Paris, saya ambil visanya dari kedubes German. Karena lumayan dadakan dan jadwal wwcr di kedubes Prancis ramai. Di kedubes German kita antre juga tapi pas di dalemnya sepi, gampang.

Paling top sih urus visa Schengen di kedutaan Austria. Sepiiiiiiiiiiiiiiiiiii… :)

Saya ambil visa dr kedubes Prancis ini karena emang mau di Paris aja selama 9 hari.

 

 

 

Share Our Post

  • Delicious
  • Digg
  • Newsvine
  • RSS
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Twitter

Related Posts

There are no related posts on this entry.

Comments

  1. Imel says: July 12, 2012

    Halo, blogmu bagus sekali mbak :)
    Inspiratif dan informatif.

    Saya boleh tanya sedikit mengenai pengalaman mbak, ya?
    Bagaimana cara mengurus visa ke Perancis? Dokumen-dokumen apa saja yang dibutuhkan? Dan biayanya berapa yah?

    Maaf nih masih sangat awam. Saya belum pernah berpergian ke luar negeri sebelumnya. Terima kasih banyak ya Mbak Sari.

    • thestyletravelista says: July 13, 2012

      Hi Imel.. trima kasiiihh banyak hehehheh..
      Cara urus visa ke Prancis alias Schengen itu sebenarnya bisa dari negara Eropa lain, cuman kalau tujuanmu hanya Prancis saja, langsung aja urus ke TLS Contact yang merupakan agen resmi dari kedutaan Prancis di Indonesia. Semua persyaratan dokumen dan biaya bisa kamu lihat di https://www.tlscontact.com/id2fr/login.php atau kamu bisa lihat artikel ttg urus visa Prancis ini ada di web aku ini juga kok. TInggal ketik di bagian search “urus visa ke Prancis” :) Semoga berguna. Tx

  2. Tunggul Kusumo says: December 1, 2012

    Halo Mbak salam kenal aja,

    kalau melalui TLS berapa lama ya selesainya? Karena dulu pernah ngurus schengen visa via norwegian embassy selesainya 10 hari kerja.

    Terima Kasih sebelumnya..

    Best Regards,
    Tunggul

    • thestyletravelista says: December 2, 2012

      Hi Mas Tunggul, TLS sebentar bangeett. Waktu itu saya hanya 3 hari kerja, karena dapet wawancaranya seminggu sebelum hari keberangkatan. Jadi sama mereka dikebut :)

      • Tunggul says: December 20, 2012

        Maaf mbak mau nanya lagi, berapa lama jangka waktu dari apply/register online di webnya TLS sampai dengan jadwal wawancaranya? Apakah kurang dari 1 minggu juga?

        Thanks banget & Regards,
        Tunggul

        • thestyletravelista says: December 22, 2012

          justru dpt jadwal wwcrnya ga jelas, tergantung availability hari, tanggal dan jam. wkt itu aku mepet krn dpt availability jadwal wwcrnya ya seminggu sebelum keberangkatan, pdhl apply online nya udah dari 3 bulan sebelumnya! tp i had no choice..
          makanya lbh baik kamu apply dr skarang krn bisa jadi availability utk wwcr nya baru bulan depan.

  3. Tunggul says: January 11, 2013

    Terima kasih mbak, akhirnya schengen visa (france) saya keluar & disetujui juga setelah menunggu kira-kira 1 minggu dengan harap-harap cemas karena ada dokumen yang katanya kurang sama TLS tapi ternyata gak ditagih juga sama france embassy. Kemarin cukup beruntung waktu register & buat appointment di web TLS, sore register & paginya langsung bisa dapat jadwal serahin dokumen.
    Sekali lagi terima kasih mbak, informasi diblognya sangat membantu…

    • thestyletravelista says: January 22, 2013

      waaahh mas Tunggul beruntung sekali. hehehhe sama2. senang dapat membantu. cheers.

  4. katherine says: January 16, 2013

    mbak, tny donk… aku kan mau apply visa austria, tp aku baca d web nya dokumen kita harus translate k bhs inggris, perlukah itu? sedangkan wkt aku apply visa amrik dan Jerman aj ga pake perlu d terjemahin segala k english… minta pendapat donk mbak.. thx :)

    • thestyletravelista says: January 22, 2013

      hi katherine.. emang visa austria agak ribet dikit. apalagi kalo kita cuman mau ke austria doang pasti mau gak mau ngambil schangennya dari situ kan. kalo mereka minta di translate, ya emang hrs ditranslate. karena kebijaksanaan masing2 embassy berbeda2. semoga membantu. tx

  5. alin says: January 26, 2013

    Haloo aku Alin :)
    Aku mau tanya . Ada keluarga di Paris yang mau aku jadi Aupairnya.
    Sedangkan aku baru satu bulan belajar bahasa prancis dan keluarga ga bisa nunggu sampai aku ikut ujian dan dapat sertifikat .
    Untuk mengajukan visa schengen perlukah dilampirkan sertifikat bahasa ??
    Merci ..

    • thestyletravelista says: January 28, 2013

      Hi Alin.. biasanya sih ga perlu ya. Kecuali kalo memang tujuan ke Prancisnya memang atas undangan sekolah atau institusi apa gitu yang berhubungan dengan sastra. Semoga membantu. Tx

  6. Nisa says: March 2, 2013

    Hallo mbak, salam kenal…

    Maaf nih mbak aq mw tnya utk apply visa di kedubes Perancis wawancaranya sm agen TLSnya? Yg diwawancarain klo boleh tau apa ya mbak?? Soalnya aq lg ngurus2 dokumen utk apply visa schengen dr kedubes Perancis…
    Mohon infonya yaa mbak…

    • thestyletravelista says: March 3, 2013

      Hi Nisa.. Iya wwcr di kantor TLS nya langsung. Wwcr standard lah kalau mau bikin visa. Kayak mau ngapain di Prancis, berapa lama, pertama kali atau gak, mau ke Negara mana lagi, trus duitnya dari mana, dsb :)

  7. Nisa says: March 5, 2013

    Oohhh gituu…
    Trs mba katanya kan mgkn pihak TLS akan minta tambahan dokumen,,kira2 apa aja yaa mba dokumen tambahan yg nantinya bakal ditanya atau diminta sm pihak TLS slain yg sdh disebutkan di webnya??
    Aq udh bikin janji temu utk tgl 26 nanti, jd msh ada wktu utk nyiap2in dokumennya…:)
    Makasih ya mbaa

  8. Nisa says: March 5, 2013

    Mba skalian tanya jg utk tiketnya yg ditunjukin bukti reservasinya dlu atau hrs tiket aslinya??

    • thestyletravelista says: March 9, 2013

      tiket asli kalo bisa biar lebih meyakinkan dong :) tambahan dokumen sih biasanya paling surat sponsor (kalo ada), nah itu dokumen kamu yang belajar bahasa prancis itu ya. itu aja sih disiapin. kalo ga ditanya ya beruntung. biasanya untung2an sih kalo ambil visa. berdoa aja dpt org yg wwcrnya baik hehehe

  9. Sesilia says: June 24, 2013

    Mbak, saya sedang mengurus visa schengen lewat kedutaan prancis. Di persyaratan yg dikeluarkan, salah satunya diminta menyertakan sertifikat kerja terjemahan. Itu memang harus ya mbak?
    Dan di persyaratan papa saya yang udah pensiun juga diminta menyerahkan sertifikat pensiun terjemahan. Apa perlu dilampirkan atau hanya yg asli dan fotocopi tapi berbahasa indonesia?

    • thestyletravelista says: June 26, 2013

      Kalau memang persyaratannya hrs terjemahan, ya kamu terjemahin aja. Ikutin aja yg mereka minta. Jangan pakai bahasa Indonesia krn percuma kan mrk ga ngerti nanti bacanya. Semoga sukses ya..

  10. lusi tejaningsih says: October 28, 2013

    mbak mau nanya saya mau urus visa ke perancis sementara domisili saya jauh dari jakarta apa saya harus ke jakarta biasanya untuk janji temu hanya untuk 1 kali pertemuan kan mbak? makasih soalnya baru pertama jd bingung

    • thestyletravelista says: October 30, 2013

      Hi.. iya cukup sekali pertemuan. Asal kamu harus sudah lengkap persyaratan yang diminta yah.

    • thestyletravelista says: January 7, 2014

      Hi. Iya harus ke Jakarta. Good luck

  11. bagus says: January 7, 2014

    mba saya mw ngurus visa schengen di kedutaan perancis. mereka bisa pake reservasi hotel dari booking.com ga ya?

    • thestyletravelista says: January 7, 2014

      Hi. Bisa kok asal udah ada jelas kan bookingan n harganya. Good luck

  12. woyi says: July 17, 2014

    Hi, mau nanya..saya rencananya ingin travelling ke london kemudian ke paris. Apakah bisa apply visa schengen di kedutaan belanda sedangkan saya tidak berencana kesana? Karena dari yang saya baca dari blog2, apply visa schengen di kedutaan belanda lebih mudah. Trims

    • thestyletravelista says: July 18, 2014

      Hi.. lebih baik kamu ambil di kedubes Prancis. Gampang juga kok. Soalnya kalau kamu ambilnya dari Belanda, ya kamu harus ada bukti tiket ke Belanda. Kec kalo travel agent kamu bisa ‘akalin’ hehhehe.. tapi saran saya mending ambil dari Prancis aja, gampaanng.

Add a Comment