Skip to content.

Shoes

JANGAN SALAH BAWA SEPATU

I’m not a high heels person. I’m a flat shoe addict.

Selain tinggi saya 170 cm jadi ga tenggelam juga kalo pake flat, tapi tetep menurut saya it’s ridiculous pake high heels saat liburan.

Unless, for business trip, tentunya.

I mean, how are you going to walk within miles di jalanan panjang, masuk museum, shopping atau lari dari satu terminal ke terminal yang lain? It doesn’t make sense. Ga nyaman juga kan jadinya? Selain ga nyaman, kelamaan pakai high heels bisa bikin kaki rusak. Menurut berita, even Victoria Beckham aja sampai harus disuruh operasi kaki sama dokternya karena keseringan pake high heels.

Jadi, saya suka amazed liat mbak2 atau ibu2 yang teteeepp pake high heels saat liburan. Dan biasanya kalau melihat pemandangan mbak2 Indonesia pake hak lagi liburan, suami saya juga suka nyeletuk “Melayu amat gayanya” :)

Sebab, flat shoe pun bisa turut ‘mengangkat’ penampilan Anda asal pemilihan modelnya juga benar. Sehingga, bisa dipake day and night. Buat jalan ke museum oke, malem gaul pun juga oke.

Tapi, if, only IF, Anda adalah seseorang yang cannot live without high heels, boleh pilih yang hak nya paling tinggi 3 cm saja. Atau, kalau Anda termasuk jet setter yang kemana2 dijemput pakai mobil dan private jet, well boleh laah pake heels. Meski saya tau pasti, para jet setter yg ada di Eropa dan Amerika pun memilih flat shoes kalo traveling hi hi hi

 

FINDING THE PERFECT FLAT SHOES

Biasanya saya pilih sepatu flat untuk dibawa, pasti yang warnanya bukan hitam. Karena kalau hitam, cukup membosankan untuk dipadanin sama baju-baju yang lain. Kecuali, kalau hitamnya modelnya seperti sepatu Roger Vivier yang saya cintai. Udah sejak lama saya pengen beli sepatu ini, tapi baru beli Juni 2011 kemaren karena uangnya baru terkumpul :p. Sepatu itu ada buckle nya warna perak. Nah, kalau model ini gakpapa. Karena meski warnanya hitam, tetap outstanding dengan buckle nya itu.

Saya juga suka bawa sepatu merk Marni. For those people who called themselves fashionista tapi ga tau Marni, ini bukan merk asal Jogya ya mbak! Marni is one of the best fashion brand from Italy. Anyway, untuk sepatu, saya memang agak cerewet. Bukan sombong bukan congkak, tapi menurut saya, ada harga ada rupa. Jadi emang saya selalu beli sepatu yang agak mahalan. Well, inget omongan Mama juga sih dulu waktu kecil “Pokoknya, sepatu yang enak itu Made in Italy”. Tapi emang bener terbukti. Karena jadinya emang long lasting. Sepatu ‘made in Italy’ ini ga semuanya high end brand lho.. Bisa pilih sesuai kantong kita.

Nah, sepatu Marni yang saya cintai ini selain enaakk banget dipakenya, modelnya peep toe, warna ungu. Sekarang agak jarang dipakai karena bagian tumit kegesek aspal, di daerah Chinatown, Singapore. Nah, model peep toe ini sebenarnya memberi keuntungan untuk dipakai di pesawat. Karena, di pesawat kan kaki kita memuai ya, jadi agak2 swollen gitu. Nah, kalau pakai peep toe kan jadi ga sesek jari2 kaki kita.

Lately, saya lagi gemar pakai jelly shoes dari Salvatore Ferragamo. Nah, si jelly shoes ini ga rencana saya beli di Hong Kong, karena waktu itu hujan dan sepatu sandal yang saya pakai, yang bahannya kulit jadi basah kuyup. Alhasil saya mampir toko Ferragamo eeehh nemu deh itu sepatu. Indah banget bentuknya, dan super super super comfortable. Istilahnya, itu sepatu bisa dipakai for rain or sunshine. Wajib dibeli!

Dan, keunggulan punya sepatu flat (at least) 1 yang mahalan adalah selain nyaman, modelnya yang keren, akan menunjang penampilan keseluruhan. Sehingga kalaupun pakai rok mini atau celana pendek, hanya dengan pakai sepatu flat yang agak mahalan itu, penampilan kita tetap terlihat chic, setiap saat. PLUS, dijamin ga akan copot sole nya di tengah jalanan di Negara orang :)

 

BOOTS

Kalau bepergian di musim dingin, saatnya bergaya dengan boots. Catet ya, boots ini memang sudah tempatnya dipakai di musim dingin. HANYA di negara yang ada 4 musim. So, please, do not wear boots in tropical country. Please.. It just wrong.

Sesuai kegunaannya, boots dirancang sebagai penahan dingin. Karena material di dalamnya juga dibuat khusus, sebagai penahan dingin itu tadi. Remember the famous UGG boots?

Jadi, kalau ada orang yang pakai boots di udara tropis, saya juga bingung. Emang kakinya ga kepanasan tuh?

Anyway, milih boots memang agak tricky. Karena ga semua orang memiliki kaki panjang, bukan?

Nah, ukuran boots dengan panjang sebetis sebenarnya merupakan ukuran yang paling ideal untuk semua bentuk kaki. Asal bentuk kaki itu ga yang besar banget ya.

Pilih yang flat (teteeepp). Karena dijamin dan terbukti emang nyaman banget pakainya. Ohya, sebaiknya untuk orang-orang seperti kita yang tinggal di udara tropis, beli lah boots ini yang bahannya kulit bukan suede. Tokh kita hanya pakai boots sesekali aja kan? Jadi harus beli yang bahannya kuat, tahan banting. Dan kuat kalau dipakai jalan saat hujan juga.

Boots andalan saya keluaran dari Camper warna hitam, panjangnya sebetis. Ada hak nya dikit, tapi cuman 2 cm haknya. Tapi haknya nyatu sama sole nya, jadi asliii enak dan nyaman banget dipakenya. Bisa buat lari pula.

 

SNEAKERS

Nah, banyaaak banget saya melihat turis2 pake sepatu olahraga kalo lagi tur. Kayaknya itu gak banget deh. FYI, sepatu olahraga itu tempatnya ya di gym, pusat kebugaran, stadion Senayan dan sebangsanya. Titik.

Kalau pun mau pakai sneakers, pakai yang macam Converse. Nah model Converse kan bermacam2. Jangan juga pakai yang modelnya kayak punya pacar atau adik laki-laki kita. Sekarang kan Converse ada yang modelnya cantik buat wanita. Pilih aja yang itu. Atau selain Converse, ada juga Puma atau Nike yang modelnya juga kece di kaki wanita.

 

FLIP FLOP DAN SEPATU SANDAL

Untuk ke Negara yang udaranya panas, atau bila kita pergi saat Summer, sandal memang merupakan pilihan yang supperr duperr nyaman. Tapiii, tetep diingat ya bahwa pilihlah sandal yang juga keren. Jangan sandal yang buat dipake wudhu (macam Swallow) itu juga dibawa traveling.

Speaking of sandal Swallow, saya jadi inget one of my best friend, Tira. Waktu itu tahun 2007 dia dan suaminya mengunjungi saya di New York. Si Tira yang emang nyantai pembawaannya, pakai sandal Swallow. Sebenarnya ga masalah karena waktu itu summer time dan smua warga New York pakai flip flop, termasuk saya. Tapi kan sandalnya bisa yang modelnya lucu-lucu kan, Tir?

Well, singkat kata, Tira mau lihat-lihat toko Bergdorf Goodman yang high end itu di 5th Ave, utk nyari oleh-oleh. One of my favorite dept store. Nah dia panik dong karena pake sandal dan ketakutan gak boleh masuk toko sama penjaganya. Tapi of course, saya yang udah jutek nemenin dia, makin jutek knowing masa kita harus balik hotelnya lagi untuk ganti sepatu? Jadi saya dan Koko, suaminya, maksa dia harus pede tetep masuk.

Alhasil kita bertiga masuk. Dengan saya tampil berjalan paling depan belaga pede, trus Tira di tengah dan Koko di belakangnya. Masuk juga siih ke toko tanpa si penjaga perhatiin. Tapi selama berada di dalam toko, si Tira felt guilty kali yeee karena merasa ga nyaman karena emang jadinya kita agak-agak sedikit dicuekin gittuu sama sales2nya :p

Anyway, itu td cuman sekadar sharing doang. Agak ga penting juga diceritain. But, anyway, sekarang banyak kok sandal-sandal cantik bentuknya. Begitu pula dengan sepatu sandal. Dan yang paling enak bgt adalah sandal yang sole nya dari karet. Bukan promosi, tapi merek Camper, Dr. Scholl dan sebangsanya bisa jadi pilihan yang menarik.

Sekarang juga ada aneka bentuk dan warna Jelly Shoes. Nah, itu enak banget loh dipakenya. Dijamin bisa dipake rain or shine.