Skip to content.

September 14, 2012 | Uncategorized

Pilih Koper

Bagaimana cara memilih koper?

Biasanya tergantung mau pergi kemana, dan berapa lama.

Untuk travel ke Asia dan sekitarnya, biasanya saya pakai koper yang bentuknya kaku, bukan yang berbahan canvas. Kelebihan koper seperti ini adalah tidak mudah robek (kalau ada org yg iseng mau nyilet) dan ‘bandel’ bila dilempar2 sama bagian bagasi di bandara.

Kelemahannya memang koper seperti ini tidak bisa memuat barang terlalu banyak. Jadi kalau rencana travelingnya untuk berbelanja, forget this type of suitcase. Karena ga expandable.

Sementara untuk pergi jarak jauh ke Amerika atau Eropa (terutama Amerika sih) saya bawa 2 koper bagasi, both yang berbahan kaku dan yang berbahan canvas.

Gunanya? ya karena saya udah perkirakan misalnya nanti di kota A saya akan beli barang2 dapur, alat rumah tangga, shoes, etc. Jadi kalau bawa hanya koper bahan kaku, ya ga muat kali kopernya.

Pernah saya bawa koper berbahan kaku, lalu belanja. Otomatis saya sampai harus tutup koper dengan cara didudukin biar nutup! Eeehh overweight pula jadinya, benar2 diluar rencana dan perkiraan.. Aaarrgghh asli sebeeeellll banget! And I had to pay (sambil memaki diri sendiri dalam hati) some amount of money (yg kalo dihitung bisa untuk makan selama sebulan) karena bagian check-in nya ketat.

Dan, oh, saya bukan traveler yang suka beli koper di tempat tujuan karena terpaksa karena misalnya kebanyakan belanja jadi koper yang dibawa dari rumah ga muat lagi. Nope. I ain’t that type.

Karena menurut saya, kalau kita traveling itu harus juga bertanggung jawab. Jangan kalap ga jelas gitu kalaupun mau berbelanja. Percuma lagiii beli koper tambahan. Karena pastinya nanti jadinya beli yang murmer (murah meriah), sehingga pas nyampe tanah air lagi, eehh ga akan dipake tu koper. Jadinya akan mubazir..

Kecuali kalau memang dari rumah sudah niat dan rencana membeli sebuah koper yang bagus. Seperti yang saya lakukan waktu ke Vienna. Itu saya emang niat dan sejak lama sudah mengincar sebuah koper kaku yang keren dan berukuran besar untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama. Sehingga dari Jakarta hanya bawa 1 yang berukuran medium.

 

Share Our Post

  • Delicious
  • Digg
  • Newsvine
  • RSS
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Twitter

Related Posts

There are no related posts on this entry.

Comments

  1. Jaya says: September 14, 2012

    Tip untuk kelebihan berat kalau bawa koper canvas, sebelom check in di “plastic wrap” dulu untuk ngilangin udara di dalam koper. Dijamin beratnya turun. Been there, done that. Hope its help :)

    • thestyletravelista says: September 14, 2012

      aahhhh sangat berguna ini tips nya mas jaya. thanks banget :)

  2. Yade says: November 20, 2012

    Halo… Maaf itu travel bag nya yg di foto punya sendiri kah? Itu tas besar yg hardcase beli nya dimana ya… ^^

    • thestyletravelista says: November 21, 2012

      Iya foto sendiri. Yg hijau hardcase merknya Rimowa, beli di Singapura tapi sekarang di Jakarta juga udah ada di Plza Indonesia.

  3. Kurnia Karimunjawa says: November 25, 2014

    Numpang promo untuk paket wisata Karimunjawa ya. Terimakasih untuk tempatnya.

Add a Comment