Skip to content.

May 22, 2012 | Paris

Jean Paul Gaultier

Di depan gedung

Today probably one of the best day in my travel life. I went to Jean Paul Gaultier’s headquarter (yes, that famous French designer) di daerah Marais tepatnya di jalan Rue Saint Martin.

Tangga utama untuk para tamu, klien, editors, dll..

Udara cerah jadi menambah cerah wajah saya yang kata suami saya bilang, ga brenti nyengir selama di gedung kantor pusatnya itu. Not only my face expression but also my eyes katanya berbinar2 ga brenti hahahaha

Jadi, tahun lalu waktu saya ke Paris untuk liputan es krim Magnum kerjasama dengan designer Karl Lagerfeld, saat saya masih bekerja jadi fashion editor, saya sempat berkenalan dengan tangan kanannya Gaultier alias right hand nya, alias head designernya untuk bagian couture dan ready to wear, yaitu Samudra Hartanto, orang Indonesia.

Speechless!

Samudra ini hebat banget lho dia udah belasan tahun di Paris. Asli Surabaya, very humble dan very nice. Setelah lulus kuliah di London, dia kerja untuk Louis Vuitton lalu Hermes. Di Hermes saat itu designernya Jean Paul Gaultier. Setelah JPG keluar Hermes, Samudra ditarik JPG untuk ke rumah modenya sendiri. Berarti ok banget kan Samudra ini???

Of course, speechless..

Sejak tahun lalu saya masih keep in touch sama Samudra. Hingga saya ke Paris dan kita janjian untuk bertemu.

Dia mengajak saya lunch.

 

Menuju hall untuk show

 

 

 

 

 

 

Overwhelmed faceDia mengajak lunch. Saya

Jreng..jreeennng

Saya suggested untuk bertemunya langsung di kantornya dia, di gedungnya JPG yang tersohor itu. Lalu lunch deket area situ juga.

Hall utama yang biasa untuk show saat Paris Fashion Week, sehari2 jadi tempat fitting dan terima tamu.

For me, designer is my celebrity. Kalau ketemu seleb Hollywood saya biasa aja (meski tetep minta foto kalo ketemu hihi), tapiiii kalau ketemu designer internasional rasanya mau pingsan. Apalagi kalau ketemu designer yang saya cinta designnya. Karena bila kita ngobrol sama designer, banyak banget informasi yang bisa kita peroleh. Kita bisa mengerti isi pikiran si designer itu yang dituang dalam rancangan2nya.

Deretan aksesori koleksi made to order yang dipajang. I died!

Sayang Gaultier lagi berada di Cannes selama seminggu hingga weekend ini. Kalau dia lagi Paris, tentu saya bisa ketemu dia kan, Samudra? *pemaksaan*

I wore (sengaja biar nyambung sama suasananya :p) atasan kaos stripe signature design dari Gaultier (who else) yang merupakan atasan andalan saya kalau traveling. Bahannya tapi bukan untuk dipakai di udara tropis. Untuk udara Spring sangat tepat. Serta padanan celana merah Anthropologie, sepatu broques dari Robert Clergerie serta jaket kulit Zara.

Section untuk Couture

And I’m so honored utk bisa ketemu Samudra dan sempet ngobrol sekitar 3 jam disela break makan siangnya. And also proud of him lhooo kita harus.

Jarang bgt ada org Indonesia yang bisa kerja untuk designer ternama. Selain Priyo Oktaviano dulu sempat kerja di Balenciaga, Haven kerja untuk Dries Van Noten dan Auguste Soesastro yang sempet kerja untuk Chado Ralph Rucci dan Vera Wang. Tapi ga ada yang jadi head designer seperti Samudra untuk JPG.

still..overwhelmed expression.

Ternyata minggu lalu Samudra baru dari NY, untuk fitting Madonna. Madonna bikin baju dari Gaultier untuk shownya yang akan datang. Of course Madonna pilih Gaultier juga for her upcoming concert. Remember that famous Gaultier bra-top in her early days?

Mengintip beberapa koleksi khusus. Love all the fabrics!

Saya diajak ‘private’ tour ke dalam gedung. Saya masuk ke gedung bersama suami dan teman saya Genny, yang sudah 10 tahun tinggal di Paris. Genny pun belum kenal sama Samudra dan sangat excited menemani saya.

I cannot describe how I felt. Rasanya dada saya bergemuruh ga keruan. Mual karena melihat keindahan interior yang dirancang khusus selera Gaultier. Kayak pertama kali Umroh lihat Ka’bah! Agak lebai sih perumpamaan ini, tapi for me, this is an experience of a lifetime. Ga semua orang bisa masuk ke gedung ini. And I was sooooo blessed. Di Paris, I don’t care about menara Eiffel apalagi daerah Champs Ellysse. My lifetime travel experience adalah kalau bisa beruntung ke sanctuary nya para designer ternama seperti ini. Alhamdulillah banget.

Beberapa koleksi bekas show terakhir

Jadi, untuk setiap show Gaultier di Paris Fashion Week, dia mengadakannya di gedungnya itu. Gedung itu terdiri dari beberapa lantai, di lantai 2 lah ruangan besar dijadiin tempat show. Kalau show selesai, ruangan hall besar itu dijadikan tempat untuk bertemu klien VIP, fitting, untuk couture dan ready to wear. Di lantai atasnya itu lah workshopnya. Ruang kerja Gaultier berikut para penjahitnya.

Bersama Genny yang jadi ikut semangat juga, duduk di lobi.

Di lantai dasar ada ruangan besar untuk bagian pers. Jadi kalau editor, stylist majalah2 mau pinjem baju, nah disitu deh diambil baju2nya.

Diskusi seru sama Samudra terus berlangsung dijalanan menuju tempat lunch.

I was too excited, euphoria, shocked, alias a bit norak so I cannot even describe the situation in the building. Keren banget. Even toiletnya aja dirancang keren!

Let my pictures tells the story. :)

 

 

 

 

 

 

Share Our Post

  • Delicious
  • Digg
  • Newsvine
  • RSS
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Twitter

Related Posts

Comments

There are no comments on this entry.

Add a Comment