Skip to content.

October 30, 2011 | San Francisco

AMTRAK: destination San Francisco

Union Station

Jadi, saya dan suami ceritanya pengen sedikit berpetualang. Instead of naik pesawat ke San Francisco dari LA, kita milih naik kereta AMtrak.

Alasannya, ini agak norak sih sebenernya, jadii kalau naik kereta di LA itu, berarti harus ke Union Station. Union Station kayak Gambir nya gitu lah. Nah, kenapa kita obsesi banget ke Union Station itu?? Karenaaa Union Station merupakan salah satu lokasi yang sering banget dijadikan tempat syuting film2 Hollywood! wkwkwk… Daann karena kita penggemar serial tv NCIS LA atau Law & Order LA (yg sekarang udah ga ada lagi), dan sering liat mereka nangkep penjahat disitu, otomatis kita penasaran sama yang namanya Union Station.

Union Station2

Tempatnya di downtown. Baguss dan interiornya cantik. Besar. Luas… Tempat duduk untuk nunggunya juga besar, luas. Sama seperti di film deh :p

Amtrak merupakan alat transportasi yang memberikan pelayanan ke sekitar 500 destinasi kota2 within USA. Bersih dan selalu tepat waktu.

Amtrak

Kita bisa pilih jam dan tanggal keberangkatan, by online. Saya juga beli tiketnya online.

Nah, ternyata kita juga bisa naro bagasi, seperti layaknya naik pesawat. Hanya, mereka tidak mematok harga per tas. Semua bagasi gratis, asal beratnya tidak lebih dari 50 pound. Sekarang kan semua pesawat domestik memungut harga tas untuk bagasi mulai dari $25 per 1 tas.

Tidur di bis. Perhatikan pemandangan luarnya, agak2 gurun bo..

Kalau mau naik Amtrak harusnya kita memang tidak membawa bagasi banyak. Harusnya cukup maksimal 2 koper aja dan 1 koper cabin. Jangan seperti saya yang cukup bikin suami manyun. Total tas yang kita bawa kemarin ada 5 tas, belum termasuk hand carry saya dan suami. :p gak banget deh ya.

Untuk perjalanan naik kereta seperti ini, hindari celana jins. Kenakan celana katun berwarna khaki agar leluasa bergerak dan duduk nyaman. Padankan dengan atasan bahan jersey lalu bisa kenakan kardigan atau rompi bubble yang berbahan ringan.

Nah, Amtrak ini banyak jurusannya. Untuk ke San Francisco biasanya perjalanan hingga 12 jam. Ada yang jadwal dari LA jam 10 pagi sampai SF atau Bay Area lain bisa jam 9 malam. Tapi, kami memilih yang sampai SF nya sore, biar bisa dijemput oleh tante saya sorean. Oh ya, station yang akan kami turun nanti namanya Emeryville. Emeryville itu di daerah Bay Area. Kota tetangganya SF. Tante saya tinggalnya di daerah Albany yang juga termasuk Bay Area. Dari Albany ke SF jaraknya kira2 kayak dari Cinere ke Jakarta lah seperti itu tapi ada jembatannya. OH! Maybe kayak dari Surabaya ke MAdura kali  ya? Harus lewatin jembatan Suramadu. Something like that.

Bakersfield

Anyway, jadi kami memilih option yang pergi jam 8 pagi dari LA dan sampai ke Emeryville jam 5 sore. Tapii untuk memilih yang rute ini, kami tidak bisa langsung naik keretanya. Melainkan harus naik bus dulu ke daerah Bakersfield (selama 2 jam) lalu dilanjutkan dengan perjalanan ke Emeryville naik keretanya. Total di kereta cuman 5 jam-an. Mending kaan?

Tanaman anggur

Berhubung kami ingin adventure, jadi kita senang2 aja akan option ini. Kereta AMtrak ini nyaman loh, bersih dan sangat tepat waktu. Ada cafenya, dan makanan di cafe itu juga enak. Ga asal2an. Susunya juga beneran enak, cheeseburgernya juga enak. Tapi bagel nya ga enak.

Sepanjang perjalanan ke Bakersfield, pemandangannya kayak di tol Cipularang lah..kira2 seperti itu. Tapi pas dari Bakersfield ke Emeryville nya, naah itu baru seneng deh. Pemandangan ga kayak naik kereta Parahyangan kok. Saya sangat menikmati melihat kota2 kecil dengan perumahan2 yang lucu2 ala Amerika banget, trus ada ladang2 yang isinya tanaman anggur. Ada juga ternak sapi, besar2 sapinya. I’m sure itu buat dijadiin hamburger!

 

Share Our Post

  • Delicious
  • Digg
  • Newsvine
  • RSS
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • Twitter

Related Posts

Comments

There are no comments on this entry.

Add a Comment